Pages

Ads

Saturday 19 January 2013

5CM, Best Movie I've Ever Watched

Gak salah lagi kalau aku bilang Film 5cm adalah film terbaik yang pernah aku tonton. sebagai orang yang gak begitu ngerti tentang dunia sinematografi, saya bilang film ini sangat-sangat-sangat Baguuuuussss!!! recomended lah pokoknya. gak peduli kata orang-orang yang bilang gambarnya banyak yang bocor. kelihatan bayangan microphone di spion mobil Ian-lah, kelihatan microphone waktu mendaki ke puncak lah. Aku gak peduli. pokoknya dimataku, film ini Bagus. baru kali ini ada film yang bikin aku tergoda buat nonton 2 kali. bahkan mau nonton 3 kali, tapi pikir-pikir budget. hahaha... jadi cuma 2 kali aja deh. wkwk..

Apa yang bikin bagus dari film ini?

pertama lokasinya. 
beeuh.. pasti gak ada yang nolak deh kalo tentang lokasi ini. udah kaya surga aja. sejak pertama Zafran, Genta, Arial, Riani, Ian, dan Dinda berhenti diatas jeep, Genta bilang "Kalian dapat salam dari Indonesia" sreet... langsung ditunjukin pemandangan tanah air Indonesia yang luar biasa indah. bikin hatiku ngucap subhanallah berulang-ulang. keindahan alam pun terus diperlihatkan sampai akhir film. bikin merinding gak berhenti-henti. apalagi pas di puncak, lihat samudra di atas awan, upacara di puncak, Genta sujud di puncak! bikin gue nangis :')

Kedua tentang alur ceritanya yang gak pasaran. 
nyeritain tentang sahabat yang naik puncak tertinggi di tanah jawa, Mahameru. mereka kesana buat ngerayain kebersamaan mereka kembali setelah tiga bulan berpisah. perjalanan menuju puncak Mahameru adalah perjalanan hati. dan hati mereka semua diuji disini. banyak cinta bermunculan. ending cintanya pun susah ditebak. Genta galau, kasihan, ditolak Riani. karena Riani ternyata suka sama Zafran. Zafran yang suka Dinda akhirnya jadian sama sahabatnya sendiri, Riani. TOP deh pokoknya. cerita tentang persahabatan, Cinta, mimpi, dan Nasionalisme.

Ketiga banyak Quote yang bikin kita mikir.
“Mimpi-mimpi kamu, cita-cita kamu, keyakinan kamu, apa yang kamu mau kejar, biarkan ia menggantung, mengambang 5 centimeter di depan kening kamu. Jadi dia nggak akan pernah lepas dari mata kamu. Dan kamu bawa mimpi dan keyakinan kamu itu setiap hari, kamu lihat setiap hari, dan percaya bahwa kamu bisa." 
siapa sih yang gak merinding denger kata-kata itu? siapa sih yang gak mikir setelah denger quote luar biasa itu? mungkin mereka yang gak berbuat apa-apa setelah denger quote itu hanya seonggok daging yang  mempunyai nama. itu juga kata-kata dalam novel 5cm lo! info aja nih, novelnya lebih bikin kita merenung, mikir, dan bangga akan Indonesia. sumpah! itu cuma salah satu quote yang muncul di film. sebenernya masih banyak quote luar biasa lainnya.

Yang Keempat, berhasil bikin aku nangis.

Selama ini aku pikir, film yang bagus adalah film yang bisa bikin aku nangis, terhanyut dalam suasana. dan 5cm ini berhasil bikin aku nangis. bukan nangis karena kematian atau karena cinta. tapi nangisnya bedah. 5cm berhasil bikin nangis karena Indonesia. ya, aku terharu lihat tanah air tercinta yang sangat indah. aku nangis karena bangga sama tanah air yang indah, yang gak kalah sama luar negri. pokoknya luar biasa. baru kali ini ada film yang bikin nangis karena Indonesia. apalagi ketika adegan dipuncak, terus lagu instrumen tanah air berkumandang. rasanya merinding luar biasa, bikin aku nangis karena bangga! terus waktu mereka ngucapin janjinya satu-satu di depan bendera merah putih. "Saya blablabla berjanji blabla" (aku gak apal) rasanya nasionalismeku diuji disini. 



Pokoknya saya salut sama  Donny dhirgantoro selaku penulis, paklek sutradara Rizal mantovani, Bapak produser Sunil Soraya, dan semua pemain serta crew 5cm. saya salut sama kalian. makasih sudah menularkan semangat 5cm pada saya, pada sahabat saya, dan pada masyarakat Indonesia. setelah nonton film ini, kadar nasionalisme saya semakin meningkat. saya jadi percaya akan kekuatan mimpi dan tekad. sekali lagi, terimakasih buat semuanya. kalian luar biasa. 

Puncak Mahameru, tetaplah lestari dan seindah sekarang sampai jaman cucu-cucu kita nanti. agar mereka tahu kalau tanah airnya itu indah.



No comments:

Post a Comment

Other Post

Populer

Kembali Ke Atas