Pages

Ads

Wednesday 2 January 2013

Ditolak? tetap semangat dan tetap menulis

2012 memang menjadi tahun pertama saya terjun dalam dunia perbukuan. saya mulai serius untuk nulis. serius untuk mewujudkan impian masa kecil (SD) saya, jadi seorang penulis. dan seperti yang kalian tahu (kalau kalian pembaca setia blog ini) empat bulan yang lalu, saya mengirimkan naskah novel pertamaku ka redaksi Bukune. lengkapnya bisa baca disini. <--- klik.="klik." p="p">
Pagi tadi, 3 Januari 2013. sekitar pukul 8.00 ada seorang mas-mas ngetuk pintu rumah. pas aku samperin, masnya langsung ngomong, "Bener ini mas Faiz abdul malik?"
aku jawab, "iya mas."
"Ini, tolong tanda tangan di sini." mas-mas itu nyodorin kertas yang ada tulisan JNEnya. terus mas tadi ngasih aku paket seukuran A4. dibungkus kertas putih bergambar logo Bukune.
"Apa ini mas?"
masnya menjawab, "saya kurang tahu. nanti buka saja sendiri." setelah itu, masnya langsung pergi pas aku bilang makasih.

Perasaanku saat pertama tahu kalau paket ini dari bukune sih, sedikit kecewa. karena aku bisa nebak kalau itu isinya pasti naskah novelku yang ditolak. karena peraturannya dulu, kalau ditolak naskah yang kita kirim bakalan dibalikin ke rumah kita.

Pas dibuka, ternyata beneran. ada naskahku, dan juga sebuah surat dari redaksi Bukune yang ditanda tangani oleh Red Pel Bukune, Resita Wahyu Febiratri.

terima kasih atas kepercayaan anda mengirimkan naskah ke penerbit bukune, mohon maaf naskah tersebut tidak dapat kami proses untuk terbit. seperti itulah kalimat pertama surat itu.

Aku sadar, sebagai pemula, aku masih harus belajar banyak tentang dunia tulis-menulis ini. sebenarnya dunia tulis-menulis bukan hal yang baru di kehidupanku. tapi menulis tulisan yang bagus, menarik, dan dapat dijual, itulah yang baru. maka dari itu aku masih harus banyak belajar dari sini.

Naskah boleh ditolak. tapi passionku untuk nulis, gak bisa ditolak. aku akan mencoba mengirimkan lagi naskah yang ditolak tersebut ke penerbit lain. tentunya naskah yang sama dan sudah di revisi. dan aku lagi proses untuk menulis naskah yang lain.

semoga saja di tahun 2013 ini, mimpi masa kecilku dapat terwujud. Amin. siapapun yang baca ini, aku minta doanya. nanti tak doain mimpi-mimpimu juga bakal kewujud. Amin... :)

No comments:

Post a Comment

Other Post

Populer

Kembali Ke Atas