Pages

Ads

Monday 6 February 2012

Tradisi maulid nabi di Surabaya

Assalamualaikum.. harusnya postingan ini dibuat kemaren. tapi gak tau kenapa kemaren blogger sama google gak bisa dibuka. -___-

Tiap daerah pasti punya tradisi dalam memeriahkan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW. seperti di daerah Jawa tengah yang selalu mengadakan tradisi weh wehan.

Di surabaya sebenarnya juga ada tradisi semacam itu.
pada saat memasuki tanggal 12 Rabiul awal, setelah shalat maghrib biasanya diadakan pembacaan diba' di surau-surau. semua warga berkumpul dan membawa buah-buahan yang disusun sedemikian rupa yang oleh masyarakat biasa disebut asahan. oiyaa.. di dalam asahan buah yang wajib ada yaitu pisang. selain itu juga harus ada air kembang. yang mengikuti acara ini biasanya adalah kaum laki-laki.

belum sampai disini. keesokan harinya, acara dilanjutkan dengan pembacaan diba' lagi. namun setelah pembacaan doa, bukan asahan berisi buah-buahan yang disugukan. namun asahan nasi lengkap beserta lauk pauknya.
ini juga biasanya diikuti oleh kaum laki-laki.

nah.. gimana buat yang perempuan? buat yang perempuan juga sama. namun biasanya di majelis pembacaan sholawat akan dipasangi berbagai macam snack dan peralatan rumah tangga yang digantungkan di sekelilingnya. masyarakat biasanya menyebut hal tersebut dengan sebutan gantungan ataupun jabutan.

jabutan tersebut nantinya akan diperebutkan oleh peserta yang ada saat pembacaan sholawat nabi.


ini aku juga punya foto waktu rebutan gantungannya :)


gimana dengan tradisi di daerah mu??


No comments:

Post a Comment

Other Post

Populer

Kembali Ke Atas