Pages

Ads

Friday 18 May 2012

Lirik Lady Gaga Mana yang Sesat?


Diluar sana, rame banget sama Konser Lady gaga yang simpang-siur. karena adanya penolakan dari berbagai ormas. umm.. sebut merek aja kali ya, FPI hahaha.. tapi sebenernya bukan karena itu. tapi karena polri yang tidak mau memberikan izin atas terselenggaranya event ini.

Tapi bukan perseteruan mereka yang akan kita bahas disini. saya cuma mau jelasin aja apa sebenernya makna Lirik lagu Born This Way yang akhir-akhir ini dibilang sesat. jujur, saya sangat amat suka dengan lagu ini. dan saya merasa lagu ini sangat menyimpan pesan sosial. dan gak ada yang sesat. sampai aku pasang di blog ku. oke kita mulai..

pertanyaan pertama. bagian lirik mana yang kata orang-orang menyesatkan?

Sudah tahu. pasti bagian lirik ini:


No matter gay, straight or bi
lesbian, transgendered life
I’m on the right track, baby
I was born to survive


Lirik ini membuat orang-orang mikir kalo si penyanyi membenarkan/ melegalkan kaum gay, lesbi, dan transgender. tidak seperti itu maksutnya. maksut sebenarnya adalah untuk memotivasi mereka yang tidak normal ini, agar tidak terus-terusan menyalahkan dirinya, tidak terus-terusan menyesali keadaan yang mereka miliki. terbukti dalam lirik selanjutnya "Don't hide yourself in regret" yang artinya jangan sembunyikan dirimu dalam penyesalan. coba kalo mereka frustasi dengan keadaan mereka, bisa bunuh diri mereka. ya inilah maksudnya.

gaga ngomong, I was born to survive. ya, mereka emang dilahirkan untuk bertahan. bertahan dari cemoohan warga, dikucilkan, dibully. mereka gak boleh nyerah. mereka harus tetap bertahan sampai akhirnya mereka bisa hidup normal dan mendapatkan pasangan lawan jenis. begitulah kurang lebihnya.

Dan coba bayangkan kalo anda jadi mereka yang gak normal ini. apa anda bisa bertahan bertahun-tahun dengan semua ejekan orang-orang, dengan tanpa ada yang memotivasi? kalo anda tidak mampu, pasti anda akan bunuh diri dengan sia-sia. nah.. inilah. gaga membuat lagu ini untuk memotivasi mereka. dan juga mengingatkan kepada kita yang normal bahwa mereka itu punya perasaan. kita harus membantu mereka menjadi lebih baik.

Sekarang, siapa sih yang pengen jadi gay, lesbian, atau transgender? saya yakin gak ada yang mau. tapi mereka seperti ini karena mereka emang dilahirkan seperti ini adanya. saya yakin mereka juga ingin sembuh. mereka ada di sekitar kita. kita tidak bisa memungkiri itu. tugas kita sebagai orang yang alhadulillah masih normal, kalo bisa kita bimbing mereka bareng-bareng untuk jadi lebih baik. bukannya malah disalahkan. inilah kurang lebih pesan dari lirik tersebut.

Pertanyaan kedua, Peran gaga sebagai mother monster dianggap sesat?

pada awal video klip Lady gaga sedang beradegan melahirkan spesies aneh yang disebutnya Little monster. dan peranakan gaga ini membentuk ras baru yang sangat gila seks, menganut atheisme. itu anggapan orang yang hanya melihat sekilas video klip ini. Yang bener adalah, Peranakan gaga ini membentuk ras baru yang sangat menghargai sesamanya. Sebagai harapan gaga yang ingin membuat penduduk dunia menghargai antar sesama. kita semua sama. sama-sama makhluk ciptaan tuhan. gak peduli itu Pejabat, PSK, gay, Lesbi, normal, atau Transgender.  Terbukti dengan Lirik ini:


Don’t be drag, just be a queen
Whether you’re broke or evergreen
You’re black, white, beige, chola descent
You’re lebanese, you’re orient
Whether life’s disabilities
Left you outcast, bullied or teased
Rejoice and love yourself today
‘Cause baby, you were born this way


Ya.. apapun keadaan kita, mau itu hitam, putih, krem, lebanese, kita harus tetap mencintai diri kita sendiri. bersuka citalah! jangan menyesal! apalagi sampai bunuh diri.

Seperti itulah kurang lebihnya saya mengartikan lagu Born This Way ini. Apa anda masih menganggap ini sesat?

No comments:

Post a Comment

Other Post

Populer

Kembali Ke Atas