Pages

Ads

Tuesday 29 May 2012

(Prodly) Surabaya 719 tahun

Selamat ulang tahun yang ke 719 buat kota ku tercinta, kampung halaman ku dan tempatku dilahirkan SURABAYA.. 


ya.. menyambut hari bahagia warga surabaya ini, saya FAIZ MOLLA MALIK, PUTRA DAERAH SURABAYA, akan menyajikan postingan spesial ultah surabaya. membahas apa saja yang membuat Surabaya pantes dibanggakan. cekidot!!


Surabaya 10 November


Siapa yang tidak mengetahui kisah heroik arek-arek Surabaya dalam usaha mempertahankan kemerdekaan indonesia? dipimpin Bung Tomo tokoh pahlawan Surabaya. yang akhirnya peristiwa ini menjadi cikal bakal penetapan hari Pahlawan di Indonesia.


Surabaya Meraih Adipura tahun 2011



Surabaya berhasil meraih kembali penghargaan Adipura 2011 untuk kategori kota metropolitan. Setelah 5 tahun bertutut-turut tidak pernah memperolehnya, Surabaya pun berhasil mengungguli saingan terberatnya Kota Palembang.  pada tanggal 7 Juni 2011,walikota Surabaya Tri risma harini diundang Presiden SBY ke Istana Negara untuk menerima penghargaan\


Warga Surabaya Mendapatkan Kalpataru


Perjuangan Lulut Sri Yuliani (46), warga Rungkut, Kota Surabaya, untuk melestarikan hutan bakau di kawasan Pantai Timur Surabaya (Pamurbaya) beroleh apresiasi dari pemerintah pusat. Pada peringatan Hari Lingkungan Sedunia, ibu satu anak ini mendapat penghargaan Kalpataru 2011 kategori perintis lingkungan.

Lulut Sri Yulianti.
Surabaya Raih ASEAN Environmentally Sustainable Cities Award 2011

Surabaya mewakili Indonesia raih penghargaan ASEAN Environmentally Sustainable Cities (AESC) Award 2011. Penghargaan ESC tersebut diberikan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup RI Bhaltasar Kambuaya kepada para perwakilan negara dan walikota daerah di Hotel Laguna, Nusa Dua Bali



Surabaya dinilai memiki udara dan air yang bersih serta kebersihan kota yang terjaga dengan baik. Selain Surabaya,  National Housing Scheme Rimba (Brunei Darussalam), kota Phnom Penh (Kamboja), Xamneau (Laos), Perbadanan Putrajaya (Malaysia), Pyin Oo Lwin (Myanmar), Puerto princesa (Filipina), South West CDC (Singapura), Phuket (Thailand) dan Danang (Vietnam) juga menerima penghargaan yang sama.


Surabaya Mempunyai masjid terbesar di Asia tenggara





Masjid Nasional Al Akbar Surabaya (MAS) didirikan diatas tanah seluas 11,2 hektar, memiliki luas bangunan 28.509 m2 dengan kapasitas 59 .000 jamaah, berlokasi di kawasan Pagesangan jalan Masjid Al Akbar Timur No. 1 Surabaya, tepatnya di tepi jalan tol Surabaya – Malang.
Masjid ini dibangun atas gagasan Walikota Surabaya saat itu, H. Soenarto Soemoprawiro (Alm) dengan peletakkan batu pertama oleh Wakil Presiden RI H. Try Sutrisno pada bulan Agustus 1995, sedangkan pembangunannya dimulai sejak September 1996. Pada 10 Nopember 2000 MAS diresmikan oleh Presiden RI, KH. Abdurrahman Wahid. selengkapnya baca disini. Selain itu juga ada wisata religi Sunan Ampel.





Sebenarnya masih banyak yang bisa kita banggakan dari Kota Pahlawan ini. namun Saya cuma bisa menulis sedikit cuma segini. Sekali Lagi SELAMAT ULANG TAHUN KOTA SURABAYA!!!!








No comments:

Post a Comment

Other Post

Populer

Kembali Ke Atas