Pages

Ads

Monday 29 August 2011

Dideh versi Internasional


Makanan yang terbuat dari darah hewan yang dibekukan lalu digoreng. umumnya yang digunakan adalah darah ayam atau sapi yang dikumpulkan saat proses pemotongan. masyarakat di Surabaya menyebut makanan ini Dideh.
Gambar Dideh

ternyata eh ternyata, makanan sejenis ini juga ada di luar negeri. tepatnya di benua Eropa. makanan ini disebut dengan Black Pudding. namun proses pembuatan makanan ini sedikit berbedah dengan dideh. hanya bahan dasarnya yang berupa darah hewan saja yang membuat kedua makanan ini sedikit mirip.
Gambar Black pudding

proses pembuatan Black Pudding ini adalah darah dimasukkan kedalam usus hewan kemudian direbus. Di Inggris, pudding (sosis) ini dilengkapi dengan sereal atau bongkahan lemak di dalamnya. Sosis darah versi Eropa lebih ringan, karena biasanya diperkaya dengan krim, bukan sereal.

meskipun menurut sebagian orang makanaan ini menjijikan, namun Black pudding mulai tampak populer dan mulai masuk ke dalam menu2 di beberapa restoran. katanya Black pudding enak jika dikombinasikan dengan daging babi, domba, kerang2an, cumi, dan buah2an (aple, pear, anggur dan rhubarb). Lishmans of Ilkley membuat restoran yang luar biasa dengan bahan dasar sosis darah ini dengan tambahan buah2an.

untuk sekedar informasi saja, yuk.. kita kenali varian-varian Black pudding ini

Versi utama dan bahan2 kunci untuk makanan ini adalah sebagai berikut:
* Black pudding - Inggris - darah babi, lemak babi, dan sereal (oatmeal atau barley)
* Drisheen - Irlandia - sama seperti diatas, tapi menggunakan darah domba
* Boudin noir - Prancis - darah babi, lemak babi, tepung roti, brandy atau calvados (minuman keras), dan krim.
* Morcilla - Spanyol - darah babi, lemak babi, paprika, beras, sherry, dan terkadang kismis.
* Blutwurst - Jerman - darah babi, bacon yang dipotong dadu, dan paru2 babi.


No comments:

Post a Comment

Other Post

Populer

Kembali Ke Atas